22/07/17

Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru Dalam Waktu 5 Menit

Subarkah Blog |

Cara upgrade android

Apakah android berkembang lebih cepat sebab kebetulan?

Mungkin saja.

Tapi bekerjsama tidak menyerupai itu.

Kalau sahabat sudah lama menggunakan android , pasti tahu kalau setiap tahun Google melaksanakan upgrade OS android ke versi terbaru untuk menawarkan fitur gres dan perbaikan kinerja.

Dari mulai ...... ginggerbread , ice cream sandwich , jelly bean , kitkat , lollipop dan yang paling terbaru ialah marsmellow.

Semuanya menawarkan perbaikan kinerja yang lebih bagus.

Ini yang membuat android berkembang pesat melebihi Iphone.

Apple memaksa pengguna Iphone untuk membeli handset keluaran terbaru biar mampu menikmati sistem oprasi terbaru dari Apple.

Tapi android tidak.

Android versi lama sekalipun mampu di upgrade ke OS terbaru. Dengan begitu , sahabat mampu menikmati android lama dengan sistem oprasi terbaru.

Lalu Bagaimana Cara Upgrade OS Android ke Versi Terbaru?


Upgrade android itu sekilas terlihat mudah. Tinggal unduh filenya lalu pasang.

Padahal tidak menyerupai itu.

Tidak semua android akan menerima update versi OS. Kaprikornus , ini akan menjadi persoalan besar bagi pemilik android versi lama. Coba baca Alasan mengapa android tidak menerima update.

Normalnya , cara upgrade OS android ke versi terbaru itu sangat mudah. Karena setiap android memiliki OTA (over the air) pembaruan.

Sobat tinggal masuk ke Setting → About phone → Pilih Pembaruan Sistem → Dan klik Periksa Pembaruan.

Prmbaruan versi android

Nah , jikalau pembaruan tersedia maka sahabat akan disuruh unduh file pembaruan dan pasang file tersebut untuk mulai upgrade android.

Tapi , jikalau tidak ada pembaruan berarti produsen ponsel android yang sahabat beli tidak menawarkan upgrade sistem android tersebut.

Atau mungkin , ada pembaruan tetapi tidak terdeteksi di OTA.

Jika masalahnya menyerupai itu , sahabat mampu upgrade android dengan cara masuk ke situs resminya pribadi dan mencari pembaruan versi disana.

Dulu , asus zenfone 4 milik gua juga menyerupai itu.

Saat pertama beli , OS android masih kitkat. dan sekarang sudah gua upgrade ke lollipop.

Waktu itu , pembaruan memang tidak tersedia di OTA. Tapi setelah gua masuk ke situs resminya , gua menemukan pembaruan OS android versi terbaru disana.

Untuk itu , jikalau sahabat tidak menemukan pembaruan di sistem , sahabat mampu masuk pribadi ke situs resminya.

Kalau sahabat pengguna zenfone 4 dengan sistem oprasi kitkat , sahabat mampu masuk ke www.asus.com untuk menerima upgrade android ke lollipop.

Atau untuk pengguna smartphone lain juga mampu kunjungi situs resmi smartphone masing-masing untuk mampu upgrade OS android ke versi terbaru.

Tapi bagaimana jikalau pembaruan masih tidak tersedia setelah melaksanakan kedua cara upgrade android tersebut?


Tenang.

Jika sahabat sangat ingin sekali upgrade OS android ke versi terbaru , sahabat mampu pakai kustom ROM untuk android sobat.

Baca juga : Cara menghilangkan iklan di android

Kustom ROM ialah cara yang cantik untuk upgrade OS Android ke versi terbaru.

Kustom ROM gimana maksudnya?

Kustom ROM itu sama menyerupai update sistem biasa tapi update sistem ini tidak resmi dari Google melainkan dari orang- orang yang suka oprek android.

Mereka selalu berkreasi untuk menciptakan kustom ROM bagi pengguna android yang tidak menerima update sistem resmi dari google.

Sobat mampu menemukan custom rom untuk android sahabat di :

  • Forum XDA Developers
  • Atau cari di Google dengan kata kunci "Kustom Rom (Merk android yang sahabat pakai)"

Sobat tinggal cari kustom ROM yang cocok untuk android sobat.

Kaprikornus jangan hawatir , meskipun android sahabat sudah renta , sahabat tetap mampu merasakan android versi terbaru yang di rilis ketika ini.

Gunakan cara upgrade android yang terakhir ini sebagai solusi jikalau android sahabat tidak menerima update sistem resmi dari google.

Semoga berhasil dan Selamat menikmati android dengan OS versi terbaru.