04/07/17

Cara Menggunakan Google Maps Offline ( Tanpa Koneksi Internet) di Android

Subarkah Blog | Cara Menggunakan Google Maps Offline - Tersesat di desa terpencil atau di kota yang belum pernah teman kunjungi?

Tenang saja , jangan bingung.

Ada google maps yang mampu membantu teman menemukan jalan untuk kembali ke rumah.


Kalau menurut saya , Google Maps yakni aplikasi terkeren yang pernah di buat oleh google. Coba lihat , jaman dulu sebelum google membuat maps kita harus bawa-bawa kertas peta bila mau pergi ke tempat yang belum pernah kita kunjungi.

Sekarang tinggal bawa smartphone , beres. Kemana-mana gak perlu takut tersesat sebab sudah ada aplikasi penunjuk jalan yang keren abis menyerupai google maps.

Pada awalnya , Google Maps hanya mampu digunakan secara online tapi belum lama ini google menambahkan fitur gres yang mampu membuat teman menggunakan google maps secara offline.

Ya , Sobat tidak salah baca.

Sekarang teman mampu menggunakan google maps meskipun tanpa koneksi internet.

Fitur ini sangat menguntungkan untuk teman yang suka jalan-jalan di tempat pegunungan atau tempat yang memang masih susah koneksi internet.

Cara Menggunakan Google Maps Offline di Android


Untuk menggunakan Google Maps secara offline , teman harus unduh terlebih dahulu area peta yang ingin teman gunakan secara offline.

Begini panduan lengkapnya :

Saya yakin smartphone teman pasti sudah terinstal google maps , tapi pertanyaanya apakah google maps tersebut sudah di update ke versi terbaru?

Kalau belum , update dulu di playstore. Karena google maps versi lama belum ada fitur offline nya.

Buka google maps di android sobat.

Klik menu yang ada di sebelah kiri atas , lalu pilih area offline.

Google maps offline

Selanjutnya klik tanda plus yang ada di kanan bawah. Akan muncul peringatan untuk mengunduh area tersebut lewat WI-FI. Jika teman ingin mendownload peta tersebut menggunakan data ponsel tinggal klik "UNDUH SEKARANG" .

Download maps offline

Nah , disini teman mampu memilih area yang teman suka , atau mampu juga unduh area yang biasa teman kunjungi.

Jika sudah memilih area , klik "UNDUH" yang ada di sebelah kanan bawah lalu beri nama area offline tersebut dan klik "SIMPAN".

Unduh maps offline
Note : Sebaiknya gunakan wifi untuk mengunduh peta sebab data peta yang akan di unduh mampu mencapai ratusan MB , tergantung seberapa besar area peta yang akan di download.
Tunggu sampai proses unduh final dan teman sudah mampu menggunakan maps yang di unduh tadi secara offline.

Ingat ya ... Hanya area maps yang sudah di unduh saja yang mampu di gunakan secara offline , bila yang belum di unduh tidak bisa.

Untuk problem fungsi , Google Maps Offline memiliki fungsi yang sama dengan maps yang digunakan ketika terhubung ke internet.

Tapi ada beberapa hal yang tidak akan teman dapatkan ketika menggunakan google maps secara offline menyerupai , isu lalu lintas , jalur alternatif  dan juga area transit publik.

Ada satu hal lagi yang harus teman ketahui , area maps yang sudah di unduh tadi akan dihapus secara otomatis setelah 30 hari.

Saya tidak tahu apa alasanya.

Mungkin google ingin teman menerima arah navigasi yang lebih akurat sebab tidak selamanya area yang teman unduh tadi keadaanya akan menyerupai itu , siapa tahu besok di bangkit jalan alternatif. Kan gak tersimpan di peta yang sudah lama tadi.

Nah , mungkin sebab alasan tersebut google menghapus area offline secara otomatis setelah 30 hari.

Kalau teman merasa ribet menggunakan google maps offline , teman mampu pakai Aplikasi gps offline lain yang ada di playstore.

Apakah teman sudah mengetahui cara menggunakan google maps offline sebelumnya?

Kasih tahu ya ... di kotak komentar.