12/06/17

Cara Mudah Menghapus/Mengembalikan SD card Yang Sudah di Partisi

Subarkah Blog | Di artikel sebelumnya saya sudah menunjukkan tutorial bagaimana cara partisi SDcard dengan benar.

Banyak yang sudah berhasil melakukannya tapi setelah itu banyak juga yang ingin menghapus lagi partisi SDcardnya.

Entah apa masalahnya. Kalau saya sih biasanya mau beli smartphone dengan memory internal yang lebih tinggi , makanya saya hapus partisinya. Kalau teman , nggak taulah alasanya apa.

Padahal jikalau di bahas secara rinci , punya SDcard yang sudah di partisi itu enak. Bisa di pakai untuk memperluas memory internal , mampu juga untuk menambah RAM di android.

Tapi , jikalau teman memang ingin mengembalikan partisi SDcard ... ya nggak apa-apa , teman mampu ikuti panduan dalam artikel ini.

Cara Menghapus Partisi SDCARD


Ada yang bertanya kepada saya ibarat ini:

"Apakah partisi akan berubah dari awal apabila kita mencabut dan memasang lagi SDcard tersebut?"

Menghapus partisi sdcard

Menghapus partisi SDcard itu mudah tapi tidak semudah itu. Ada step-stepnya. Kalau cuma mencabut dan memasangnya kembali , gak akan terhapus partisinya.

Sobat memerlukan sebuah tool atau aplikasi untuk menghapus partisi di SDcard tersebut.

Tapi hening saja , aplikasinya sama kok dengan aplikasi yang teman pakai untuk melaksanakan partisi yaitu minitool partition. Dengan aplikasi tersebut , teman mampu membuat dan menghapus partisi SDcard dengan mudah.

Berikut panduan lengkap cara menghapus partisi SDcard dengan minitool partition:

1. Jangan lupa backup semua data yang ada di SDcard. Jika sudah , hubungkan memory card ke PC menggunakan card reader.

2. Saya anggap teman sudah instal minitool partition di PC tau laptop sobat. Sekarang , jalankan aplikasi minitool partition nya.

3. Nah , peran teman selanjutnya ialah mencari letak SDcard tadi. Biasanya sih di Disk 2 dan terbaca juga jumlah partisi-partisinya.

4. Menghapus partisi SDcard lebih mudah dari membuat partisi. Kalau ingin menghapus , teman tinggal klik kanan pada partisi yang pertama dan pilih "delete".

5. Selanjutnya , klik pada partisi yang kedua dan pilih "delete". Jika ada partisi yang ketiga , jangan lupa delete juga.

6. Jika semua partisi sudah di hapus , maka kapasitas di Disk 2 akan menjadi utuh ibarat semula ibarat ketika sebelum di partisi (hanya tinggal 1 partisi saja). Coba lihat gambar dibawah ini:

Hapus partisi

7. Nah , step terakhir ini yang menentukan keberhasilan menghapus partisi SDcard , jangan hingga terlewat. Klik kanan sekali lagi pada Drive SDcard tersebut lalu pilih tombol "Create".

Muncullah tampilan ibarat gambar dibawah ini:

Hapus partisi

  • Partition Label : Kosongkan saja (nggak penting).
  • Create As : Pilih Primary
  • File System : Pilih FAT32
  • Drive letter dan Cluster size biarkan saja ibarat itu.

Lihat di bab bawahnya lagi.

  • Unallocated space before dan after Pastikan 0.00 MB.
  • Partition Size pastikan besaran kapasitasnya sama dengan besaran kapasitas SDcard sobat. Kalau SDcard teman 8GB berarti karenanya 7.46GB (Not real 8GB). Jangan hingga SDcard 8GB karenanya cuma 3GB , berarti masih ada partisi yang belum dihapus/delete.

Kalau sudah benar kapasitasnya sama dengan yang sebelumnya , tinggal klik tombol "OK". Lalu klik "Apply"(letaknya ada di sebelah kiri pojok atas).

Setelah itu akan muncul peringatan ibarat ini:

Hapus partisi

Klik saja tombol "Yes". Tunggu hingga proses selesai. Maka SDcard teman sudah kembali ibarat semula.

Baca juga : Cara memindahkan semua aplikasi ke SDcard

Sobat harus teliti mengikuti smua step-step diatas agar partisi di SDcard berhasil dihapus.

Kebanyakan orang gagal menghapus partisi dikarenakan terlalu terburu-buru dan ada step yang terlewat , sehingga menimbulkan SDcard error dan tetap terpartisi.

Akhirnya harus beli SDcard yang gres lagi. Padahal kan jikalau menghapusnya benar , SDcard masih mampu dipakai dengan normal. Gak perlu beli yang baru.

Maka dari itu sekali lagi saya ingatkan , teman harus teliti dalam mengikuti semua panduan diatas.

Selamat mencoba ... Dan semoga berhasil.