13/06/17

Tips Khusus Cara Mengatasi HP Yang Rusak Terkena Air

Subarkah Blog | Smartphone sobat terkena air?

Harus cepat-cepat di tangani tuh , Kalau HP nggak mau mati total.

Memang cukup sulit menyelamatkan ponsel yang sudah masuk kedalam air. Beberapa komponen ponsel akan eksklusif tidak berfungsi dikala kontak dengan air.

Kecuali ponsel tersebut ialah ponsel canggih dengan akta water resistant (anti air) , menyerupai samsung galaxy S7 dan Experia Z series. Meskipun terendam air , ponsel tersebut tidak akan mati dan masih mampu digunakan secara normal.

Kalau ponsel yang biasa-biasa saja menyerupai punya saya ini , akan ada 3 kemungkinan dikala terendam air dalam waktu lama ...

  • Mati total.
  • Bisa nyala tapi nggak normal.
  • Blank (nyala warna putih).

Kalau sudah menyerupai itu , biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan pasti sangat besar.

Makanya , kalau HP sobat terkena air (entah itu air hujan , air laut , atau cairan lain) harus ditangani dengan cepat dan benar semoga HP mampu diselamatkan sebelum terjadi kerusakan.

Bagian Mana Yang Rusak Ketika HP Kecemplung Kedalam Air?


Mengatasi hp terkena air

Semua tergantung pada berapa lama ponsel sobat terendam air. Kalau waktunya cukup lama , mampu jadi komponen dalam PCB (Printed circuit board) yang akan rusak.

PCB itu daerah dimana komponen penting menyerupai CPU , Ram , dan lain-lain diletakkan. Makara , ini komponen utamanya.

Kerusakan paling ringan biasanya ada pada speaker , slot sim card , dan LCD.

Belum lama ini smartphone salah seorang sahabat saya terkena air hujan cuma dalam waktu beberapa menit saja , ketiga komponen itu sudah eksklusif rusak.

Biaya perbaikan yang dikeluarkan mencapai 800ribu rupiah.

Wow , cukup mahal ya?

Oleh sebab itu , bila sobat tidak ingin mengeluarkan biaya yang mahal untuk memperbaiki HP yang terkena air , lakukan beberapa tips mengatasi HP yang rusak akhir terkena air ini:

1. Lepaskan Baterai , Memory Card , dan SIM card


Ini hal pertama yang harus sobat lakukan. Jangan mencoba untuk menghidupkan ponsel dalam keadaan basah.

Lepas baterai secepatnya untuk meminimalisir kerusakan akhir terjadinya short atau korslet setelah HP terkena air.

Sobat tahu kan kalau air dan listrik itu tidak bersahabat? Makara jangan coba menyalakanya dulu sebelum posel benar-benar kering.

Jangan lupa lepaskan juga kartu SIM dan memory cardnya (jika ada).

2. Bongkar Bagian Dalam Ponsel


Langkah selanjutnya ini agak susah. Sobat harus bongkar ponsel yang terkena air tadi. Lepaskan semua scrup yang ada pada casing (kalau gak punya obengnya mampu pinjam atau beli).

Jika casing sudah terbuka , lepaskan juga scrup yang ada pada PCB. Pokoknya bongkar total hingga ke bagian-bagian kecil.

3. Fokus Pada LCD


Ini yang paling penting. Setelah semua terbongkar , bersihkan episode LCDnya terlebih dahulu.

Komponen ini yang biasanya sering rusak setelah terkena air sebab LCD berisi filamen lunak yang tidak tahan pada kelembaban air. Kalau dibiarkan terlalu lama akan muncul flek hitam pada LCD.

Itulah kenapa episode LCD yang akan pertama rusak dikala HP terendam air.

4. Lakukan Pengeringan Total


Setelah episode LCD kering dari air , selanjutnya keringkan episode HP yang lain menyerupai PCB dengan menggunakan blower , kipas angin , atau Boleh juga dengan hair drayer.

Tapi kalau mengeringkan PCB dengan hair drayer jangan terlalu dekat dan terlalu lama sebab udara panas yang dihasilkan akan merusak komponen PCB tersebut.

Baca juga :


Untuk mengatasi baterai yang drop sebab terkena air , sobat mampu mengakalinya dengan cara menjemur baterai tersebut di bawah sinar matahari terik minimal 1 hingga 2 jam atau secukupnya saja hingga baterai benar-benar kering.

Setelah itu charge baterai tersebut dengan menggunakan charger portable.

5. Rendam Dalam Beras


Ambil beras sekotak penuh lalu rendam semua komponen HP yang terkena air tadi didalam beras dalam waktu 1 atau 2 hari.

Hal ini bertujuan untuk mengeringkan sisa-sisa air yang ada pada komponen HP , sebab beras mengandung elektrostatis yang mampu menyerap kadar air dan mengurangi kelembaban.

6. Rakit Ponsel Kembali


Setelah proses pengeringan akhir , sekarang sobat tinggal rakit kembali komponen yang sudah di bongkar tadi. Rakit dengan benar dan hati-hati semoga tidak hingga merusak komponen lainya.

Jika sudah akhir dirakit , coba hidupkan.

Seharusnya HP tersebut mampu nyala normal lagi atau setidaknya nyala blink (nyala putih) , semua tergantung pada berapa lama HP tersebut terendam air dan seberapa cepat sobat menangani HP tersebut.

Ingat ya , semua tips diatas bukanlah tips untuk memperbaiki HP yang terkena air tapi memperlihatkan sumbangan pertama setelah HP terendam air.

Makara , kalau ponsel sobat masih belum mampu nyala normal setelah melaksanakan tips diatas , sebaiknya bawa ke counter service HP untuk dilakukan perbaikan secara intensif.